Harga Ekspedisi Kapal LautHarga Ekspedisi Kapal Laut

Jasa ekspedisi menjadi salah satu pendukung kemudahan masyarakat dalam pengiriman suatu barang. Di dalam ekspedisi terdapat beberapa jalur pengiriman yang meliputi jalur darat, jalur laut, dan jalur udara. Selain jalur darat yang begitu banyak dilakukan, penggunaan jalur laut juga menjadi alternatif untuk mempercepat pengiriman suatu barang. Lantas, pertanyaannya berapa sih harga pengiriman ekspedisi kapal laut itu?

Ekspedisi Kapal Laut (EKL) adalah salah satu layanan di bidang ekspedisi logistik yang mana memiliki kemudahan dalam proses pengiriman barang dalam muatan besar dan berat. Biasanya ekspedisi ini lebih dikenal dengan sebutan Cargo Laut. Pengiriman barang dalam muatan besar dan berat akan dilakukan dengan penggunaan transportasi kapal laut. Jika barang diangkut menggunakan kapal laut, apakah biayanya lebih mahal dari ekspedisi jalur darat?

Sebenarnya jika dikalkulasikan harga pengiriman ekspedisi kapal laut tidaklah terlalu mahal. Dimana perhitungan akan dilakukan sesuai harga cargo laut berdasarkan besaran kubikasi/kilogram. Jadi jika dihitung maka biaya ekspedisi laut jauh lebih murah jika dibandingkan dengan ekspedisi darat apabila muatan yang dikirim memiliki besar dan berat yang lebih banyak.

Mengapa Harga Ekspedisi Kapal Laut Lebih Murah?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, harga pengiriman ekspedisi kapal laut memang relatif lebih murah apabila barang yang dimuat memiliki berat dan besar lebih banyak. Pada dasarnya perhitungan harga cargo laut akan disesuaikan berdasarkan satuan kubikasi/kilogram. Biaya tersebut hanya akan dibagi dengan biaya pengiriman dalam nominal yang sangat kecil (tidak lebih dari Rp 10.000).

Namun meskipun terbilang cukup murah, ada beberapa perusahaan jasa ekspedisi laut yang menetapkan berat muatan yang harus dikirim tidak kurang dari 50kg. Hal tersebut biasanya ditentukan berdarsakan jauh dekatnya lokasi tujuan pengiriman. Jadi kebanyakan pengiriman melalui jalur laut hanya digunakan untuk aerang-barang dengan muatan besar.

Apa Saja Barang yang Dapat Dikirim Melalui Kapal Laut?

Pengiriman barang via cargo laut sebenarnya hampir sama dengan pengiriman cargo darat. Dimana barang dapat disesuaikan dengan keinginan pengirim. Hanya saja untuk cargo laut, biasnya pengiriman dilakukan dalam muatan yang lebih besar dan berat, seperti:

  • Pengiriman kendaraan mobil antar pulau
  • Ekspor dan Import barang antar pulau atau antar luar negeri
  • Pengiriman barang-barang pindahan rumah antar pulau
  • Pengiriman alat-alat elektronik dengan muatan besar
  • Hasil pertanian seperti padi, jagung dan lain-lain
  • Hasil perkebunan seperti buah-buahan yang dikirm antar pulau dan lain-lain
  • Dan lain-lain.

Keuntungan Menggunakan Ekspedisi Kapal Laut

Jika dilihat dari harga ekspedisi kapal laut yang relatif lebih murah,

tentu keuntungan yang paling besar dirasakan adalah dapat menghemat biaya pengiriman barang dengan muatan yang besar. Selain itu, penggunaan layanan jasa ekspedisi kapal laut juga memiliki keuntungan lain, yaitu sebagai berikut:

  • Biaya pengiriman lebih terjangkau
  • Dapat dilakukan untuk mengiriman barang dalam muatan yang besar dan berat
  • Dapat digunakan untuk mengirim barang-barang dengan risiko lebih tinggi, seperti cairan kimia, parfum, bahan yang mudah meledak, dan sebagainya
  • Waktu pengiriman lebih cepat dibanding dengan layanan trucking.

Dari beberapa keuntungan di atas, penggunaan jasa ekspedisi kapal laut kini menjadi alternatif bagi perseorang maupun pengusaha yang ingin melakukan proses pengiriman barang dalam muatan yang lebih besar. Harga pengiriman ekspedisi kapal laut yang telah ditetapkan pun juga memiliki perbandingan yang lebih murah dibandingkan dengan menggunakan jasa ekspedisi jalur darat.