Menggunakan Jasa Ekspedisi

BAGAIMANA MELAKUKAN PENGIRIMAN DENGAN MENGGUNAKAN JASA EKSPEDISI

Sekarang ini jika kita ingin mengirim barang ke tempat yang jauh dari lokasi kita pun kita tidak usah kebingungan. Kita bisa melakukan pengiriman itu karena sekarang sudah ada jasa ekspedisi, jasa pengiriman barang yang satu ini diterima hangat oleh masyarakat Indonesia karena memang memiliki banyak kelebihan salah satunya adalah pengiriman akan menjadi lebih cepat dan juga efisien. Oleh karena itu kali ini kami akan memberitahukan kepada Anda bagiamana cara kerja dari ekspedisi.

Cara kerja jasa ekspedisi

Ekspedisi merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman barang dan ada beberapa layanan ekspedisi sampai saat ini yaitu melewati jalur laut, jalur darat, dan juga jalur udara. Jasa Ekspedisi merupakan layanan jasa yang memudahakan banyak orang dalam pengiriman barang, supaya Anda lebih tahu mengenai jasa ini maka kami akan memberitahu apa saja dan bagaimana cara kerja dari jasa yang satu ini sehingga Anda akan menjadi lebih tahu dan jelas mengenai prosesnya. Berikut ini adalah cara kerjanya :

  1. Setor barang yang akan dikirim

Langkah pertama yang akan kita lakukan ketika ingin mengirim barang tentu saja dengan setor barang ke ekspedisi yang akan kita gunakan. Kita akan menyetor barang yang akan kita kirim terlebih dahulu ke kantor dari ekspedisi tersebut. Jika sudah maka petugas akan mendata barang kiriman kita mulai dari bertanya apa isinya, penimbangan, sampai kemudian memberikan harga sesuai dengan berat yang dikirim dan jauhnya tujuan. Kita akan menerima juga tanda terima jika kita telah melakukan pembayaran itu.

  1. Pengemasan barang

Cara kerja dari jasa ekspedisi yang kedua adalah dengan melakukan pengemasan barang atau yang sering kita sebut sebagai packing. Barang akan dibedakan dalam pengemasannya, terutama jika barang yang dikirim adalah barang pecah belah yang rawan pecah maka tentu saja tim dari ekspedisi akan mengemas barang itu dengan lapisan sterofoam atau lapisan khusus lainnya menghindari barang menjadi rusak atau pecah ketika berada di dalam perjalan. Jika semua barang sudah terkumpul dan sudah dipacking dengan baik maka lanjut ke proses yang ketiga.

  1. Pengurusan dokumen

Langkah yang ketiga adalah pihak dari jasa ekspedisi akan mengurus dokumen atau surat yang berkaitan dengan izin dan juga adminstrasi dan juga mengurus beacukai kepada pihak-pihak tertentu. Biasanya dalam proses ini ada juga client yang dimintai data diri untuk mengurus proses izin atau beacukai. Tergantung apakah Anda mengirim barang ke luar negeri atau dalam negeri.

  1. Pengiriman barang

Jika pengurusan dokumen sudah selesai dan memang benar-benar sudah fix maka baru barang akan masuk ke dalam armada yang sudah ditentukan dan dikirim ke tempat tujuan kiriman. Jika misalnya ada hambatan seperti penundaan izin masuk barang maka biasanya pihak ekspedisi akan menghubungi Anda dan memberi tahu informasi lanjut. Atau jika mungkin pihak penerima belum menerima barang lebih dari estimasi tiba maka Anda bisa bertanya kepada perusahaan ekspedisi yang Anda percayai. Sehingga bisa dilihat apa penyebab mengapa kiriman belum datang juga dan masalah bisa segera diselesaikan dengan cepat.

Dari informasi di atas, sekarang Anda sudah tahu mengenai proses atau cara kerja dari jasa ekspedisi bukan? Jika sudah maka Anda tidak akan ragu lagi jika ingin menggunakan jasa yang satuini, jasa pengiriman barang ini akan membuat Anda menjadi lebih mudah dan efisien dalam melakukan pekerjaan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.