Jasa Pengiriman Barang Via Laut

 

Jasa pengiriman barang via laut menjadi salah satu solusi pengiriman barang yang dan aman. Pengiriman barang yang melalui jalur laut biasanya digunakan untuk pengiriman barang antar pulau atau antar Negara dalam jumlah barang yang banyak. Saat ini sudah banyak jasa pengiriman barang via laut yang menawarkan jasanya kepada masyarakat. Terlebih saat ini adanya bisnis online menjadikan peran pengiriman barang via laut semakin banyak diminati dan dibutuhkan.

 

Cara Mengirimkan Barang Via Laut

Sebetulnya jasa pengiriman barang menawarkan pengiriman barang tak hanya melalui laut saja melainkan bisa menggunakan jalur darat maupun udara. Tetapi jasa pengiriman barang via laut memang memiliki keunggulan sendiri salah satunya lebih murah untuk pengiriman barang dalam jumlah yang banyak.

Bagi Anda yang berminat ingin mengirimkan barang via laut tetapi belum pernah memiliki pengalaman sebaiknya tak perlu khawatir karena berikut ini akan dijelaskan cara mengirimkan barang via laut bagi pemula yang perlu Anda ketahui.

  1. Memperhatikan Jenis Barang
    Sebelum mengirimkan barang menggunakan jasa pengiriman barang via laut, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu informasi tentang jenis barang yang akan dikirim. Hal ini sangatlah penting karena barang tersebut harus diketahui apakah dalam kategori berbahaya atau aman. Hal ini juga sangat penting ketika Anda akan mengirimkan barang ke luar negeri agar barang tersebut nantinya tidak bermasalah. Biasanya untuk jenis barang yang dilarang karena berbahaya, barang tersebut akan dilarang untuk dikirimkan atau bisa juga dimusnahkan sehingga tidak bisa sampai ke alamat tujuan.
  2. Nilai dan Volume Barang
    Selain jenis barang, sebaiknya Anda harus mengetahui secara jelas nilai dan volume barang yang Anda kirimkan tersebut. Hal ini berkaitan dengan sisi keamanan barang yang dikirim tersebut. Untuk barang yang memiliki nilai tinggi dan berharga jasa pengiriman barang via laut akan memberikan pilihan layanan asuransi untuk menjamin keamanan barang selama proses pengiriman. Hal ini juga dapat mengantisipasi terjadinya kerusakan atau hilangnya barang saat pengiriman sehingga dapat diberikan ganti rugi. Selain itu volume barang juga perlu diperhatikan karena pengiriman barang dengan volume besar terlebih pengiriman ke luar negeri akan membutuhkan dokumen yang lebih banyak.
  3. Memilih Jenis layanan pengiriman
    Bagi Anda yang akan menggunakan jasa pengiriman barang via laut sebaiknya perhatikan jenis layanan pengiriman barang tersebut. Karena ketika mengirimkan barang terdapat beberapa acuan diantaranya keamanan, kecepatan, ketepatan serta biaya pengiriman. Untuk segi keamanan sebaiknya jasa pengiriman tersebut menyediakan garansi demi keamanan barang yang dikirim.
    Dari segi kecepatan, jasa pengiriman memperhatikan estimasi waktu yang ditentukan oleh layanan yang dipergunakan karena ada layanan express dan layanan biasa. Mengenai ketepatan, sebaiknya pilih jasa pengiriman yang terbukti mampu mengirimkan barang tepat sesuai dengan estimasi yang sudah ditentukan. Dari segi biaya pengiriman, meskipun biasanya biaya pengiriman via laut lebih murah tetapi agar pengiriman barang lebih cepat sampai juga dibutuhkan biaya yang lebih mahal.
  4. Pembungkus yang kuat dan Aman
    Untuk menjaga barang yang Anda kirim supaya terhindar dari kerusakan sebaiknya gunakan pembungkus barang yang kuat, aman serta tahan air. Terlebih biasanya pengiriman barang via laut jumlahnya besar dan akan ditumpuk dengan barang-barang lainnya sehingga akan lebih baik jika pembungkusan barang sangat diperhatikan.

Bagi Anda yang berminat ingin menggunakan jasa pengiriman barang via laut sebaiknya perhatikan betul cara mengirimkan barang via laut seperti yang telah dijelaskan diatas. Dengan memperhatikan cara-cara tersebut, nantinya pengiriman barang via laut akan semakin ekonomis sehingga dapat mendukung perkembangan bisnis Anda.

 

Freight Forwarding dan Trucking adalah kegiatan usaha yang ditujukan mengurus semua kegiatan yang diperlukan bagi terlaksananya pengiriman barang baik melalui darat, laut maupun udara yang mencangkup kegiatan penerimaan, penyimpanan, penimbangan, pengukuran, pengurusan dokumen dan perhitungan biaya yang dikenakan untuk pengiriman barang tersebut.
Berikut jenis pengiriman yang tersedia sebagai berikut :
1. Via Laut
a. FCL (Full Container Loaded)
Pengangkutan barang menggunakan Container berisikan hanya dari 1 (satu) customer dengan ukuran D20’, D40’ atau jenis container lainnya.
b. LCL (Less Container Loaded)
Pengangkutan barang menggunakan container berisikan lebih dari 1 (satu) customer.
c. Break bulk
Pengangkutan barang tanpa menggunakan container, artinya cargo langsung ditempatkan di dalam kapal laut.
2. Via Kapal Cepat
Yaitu pengangkutan barang menggunakan truck dimana truck tersebut naik ke atas kapal cepat untuk melakukan penyeberangan.
3. Via Udara
Yaitu pengangkutan barang menggunakan pesawat.
4. Via Trucking
Yaitu pengangkutan barang menggunakan truck melalui jalur darat